Senin, 23 Mei 2011

CERITA SINGKAT MONEV DIKTI

tegang...takut...gugup...emosional...
hmmm....inilah suasana yang sedang dialami kelompok "ngepot" pada Monev DIKTI tanggal 19 mei 2011 yang dilaksanakan di gedung baru Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. "ngepot" mendapat urutan 22 tepatnya pukul 16.15.
pukul 07.00 hingga 11.00 masih belum ada pergerakan "ngepot" di kampus...seluruh anggota melaksanakan perannya sebagai mahasiswa
pukul 11.30 satu persatu menejer "ngepot" (anggota) mulai datang dengan celana kain berwarna hitam dengan kemeja putih polos. Aktivitas dimulai di dapur FIA UB, mempersiapkan produk yang telah dibuat malam kemarin dan akan dibawa saat monev. semua ditata dengan sempurna. 5 rasa "ngepot" berada dalam kemasannya dan terjajar rapi diatas nampan rotan dengan beberapa lembar leaflet dan poster.
pukul 15.30 (mundur 30 menit dari rencana awal yang ditetapkan) "ngepot" menuju tempat monev dengan baju besinya (jas alamamater) siap perang! perjalanan "ngepot" dihantarkan oleh rintikan hujan yang semakin deras.
pukul 15.45 tiba dilokasi, gladi bersih dan briefing akan segera dilakukan setelah mengisi daftar absen. Namun, sebuah tragedi terjadi disini, ditengah-tengah keramaian peserta Monev yang lain dan suara hujan yang makin deras, LAPTOP TERTINGGAL. Gladi bersih dan briefing urung dilakukan hingga jam menunjukan pukul 16.10.
Tepat pukul 16.15 terdengar suara "cokelat ngepot", inilah tanda "ngepot" menyampaikan laporan kemajuan usahanya. kesalahan pertama sebenarnya telah terjadi...power point yang dikirim salah...dalam peraturan...mengganti slide mengurangi penilaian...tujuan yang harus dicapai adalah mendapat poin maksimal menutup" poin yang berkurang dalam indikator slide dan mengisi nama dalam tiket meuju MAKASAR. Penguji  "ngepot" adalah dosen dari IPB..tampak seperti orang chinese dan tajir...tampan juga sich...
Presentasi Dimulai...diawali dengan pembukaan dari menejer pemasaran langsung (IAN) yang kemudian disusul oleh menejer produksi (MAIP). Presentasi berjalan tanpa hamabatan, sekitar 10 menit lebih beberapa detik "ngepot" menutp presentasinya dan siap mejawab pertanyaan dewan juri.
Pertanyaan pertama adalah "agar coklat tampak jelas apa yang harus dilakukan?" pertanyaan yang sangat mudah namun seluruh anggota "ngepot" termakan suasana tegang...hampir 20 detik terdiam. "mengganti wara dasar pak!" sebuah jawaban pembuka dari IAN yang mengubah suasana tegang menjadi suasana yang cukup bersemangat dan emosional. beberapa pertanyaan dijawab dengan cukup yakin. Saran dan kritik dapat diterima dan beberapa juga disanggah. semakin detik berlalu semakin bersemangat menjawab pertanyaan dengan yakin. Strategi kedepan, rencana besok dan tekik pembuatan menjadi sasaran pertanyaan.
pukul 16.45 Monev "ngepot" diakhiri dengan saran penutup yang cukup membangun kedepannya.
hUFT...LELAH....

0 komentar:

Posting Komentar